Menu Close

cara Mencegah Penularan virus Corona

Virus Corona (Novel Coronavirus atau 2019-nCoV), yang disebut virus corona, dapat ditularkan dengan cepat. Dalam satu hari, pada 27 dan 28 Januari 2020, jumlah pasien meningkat 61%. Bahkan kantor berita Perancis (Agence de presse française) mengatakan bahwa sejauh ini,68.079 orang terinfeksi dengan virus corona dan 3.35 di antaranya meninggal.

Tidak ada penawar untuk coronavirus ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa coronavirus adalah virus global yang sangat berbahaya.

Cara untuk mencegah penularan coronavirus 1
Virus Corona telah menyebar dari Wuhan, Provinsi Hubei, Cina, ke berbagai negara. Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri kita sendiri dan mencegah penularan virus corona?

Coronavirus menyebar melalui percikan api dan kontak fisik
Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa sebagian besar kasus penularan virus corona terjadi dari satu orang ke orang lain. Namun, belum dapat disimpulkan bahwa keparahan sumber utama virus corona berasal dari hewan atau manusia. Karena Coronavirus pertama kali diluncurkan di pasar ikan Wuhan pada akhir Desember 2019. Pasar sebenarnya tidak hanya menjual makanan laut, tetapi juga hewan liar lainnya, seperti kelelawar, ular, dan kelinci, ke kelinci percobaan. .
Coronavirus dapat disebarkan melalui infeksi dalam berbagai cara, terutama dahak selama batuk dan bersin, melalui kontak fisik langsung seperti kontak atau jabat tangan. Kementerian Kesehatan China mengatakan bahwa coronavirus dapat ditularkan selama masa inkubasi atau sebelum gejala muncul antara 1 dan 14 hari.

Gejala coronavirus adalah flu
Coronavirus adalah keluarga besar virus pernapasan, yang menyebabkan pilek selama sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS) dan sindrom pernapasan akut (SARS).

Bagaimana mencegah penularan coronavirus
Berikut gejala klinis yang terjadi akibat coronavirus:
Efek
Tenggorokan terbakar
batuk
Sesak nafas
saya lelah
Demam di atas 38 ° C

Dalam kasus yang parah, coronavirus dapat menyebabkan hal berikut:
Pneumonia atau paru-paru basah
Sindrom pernapasan akut
Gagal ginjal
mati

Jika gejala di atas terjadi, ada kemungkinan infeksi dengan coronavirus. Untuk mengatakan yang sebenarnya, cari perawatan segera di fasilitas kesehatan atau konsultasikan dengan praktisi kesehatan.

Bagaimana mencegah penularan coronavirus
Coronavirus dapat dicegah dengan menggunakan metode PHBS (perilaku sehat dan bersih), termasuk:
Pastikan tangan Anda selalu bersih dan cuci secara teratur dengan sabun dan air atau pembersih tangan
Tutupi hidung dan mulut Anda saat batuk dan bersin dengan tisu atau di siku
Hindari kontak langsung dengan penderita flu, demam, dan gejala flu lainnya
Hindari makanan mentah dan selalu makan makanan yang dimasak
Hindari kontak langsung dengan hewan ternak dan hewan liar tanpa perlindungan apa pun
Hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung Anda dengan tangan
Olahraga dan istirahat yang cukup
Makan diet seimbang dengan lebih banyak buah dan sayuran

Selain itu, penting untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga lebih kuat dalam mengelola transmisi virus koroner.

Bagaimana mencegah penularan coronavirus 2

Cara mengobati diri sendiri dari virus Corona

Sampai saat ini, tidak ada vaksinasi atau pengobatan terhadap virus corona yang telah dilakukan. Menurut laporan Detik.com, Anthony Fossey, direktur American National Institute of Allergy and Infectious Diseases, mengatakan bahwa uji klinis pertama vaksin akan segera dimulai pada April 2020.
Sementara itu, WHO mengatakan langkah-langkah harus diambil untuk mengurangi risiko mengekspor atau mengimpor coronavirus segera, tetapi tanpa batasan pada lalu lintas internasional. Dengan mengingat hal ini, pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Kesehatan, telah meningkatkan keinginannya untuk memasang pemindai termal (detektor suhu tubuh) di 135 entri di Indonesia dan untuk menyediakan kartu tanda kesehatan dan KIE (komunikasi, informasi dan pendidikan) untuk penjelajah. Jika suhu tubuh Anda di atas 38 ° C, posisi Anda akan berwarna merah pada pemindai termal.

Jangan panik dengan menjaga diri Anda bersih, berolahraga dengan serius dan melindungi kekebalan tubuh Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *