Menu Close

Kiat tentang cara mengalahkan Strez selama pandemi

Ketakutan dan ketakutan tampaknya saling berdekatan sejak COVID-19 diumumkan di Indonesia. Pemerintah Indonesia mengumumkan hal ini pada 2 Maret 2020. Virus yang dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia sebagai virus yang sangat berbahaya di seluruh dunia, penularannya sudah sangat cepat. Sejauh ini, situasi COVID-19 di Indonesia sudah menjadi epidemi global.

Setiap hari, pemerintah memperbarui situasi COVID-19 di Indonesia, karena jumlah kasus yang dikonfirmasi dan mati meningkat. Jumlah korban di Indonesia pada hari ini 8 juli 2020, 68.079 orang, dan 3.359 di antaranya meninggal. Itu pasti membuat orang lebih cemas, bahkan menyebabkan stres. Banyak informasi tentang epidemi global sekarang menyebar di masyarakat yang harus kita waspadai. Selain itu, banyak orang Indonesia mengandalkan media sosial sebagai sumber informasi. Tentu saja, informasi yang belum dikonfirmasi akan mengkonfirmasi Anda.

Stres akan membuat kekebalan tubuh Anda lebih rentan terhadap penyakit. Bahkan, kekebalan yang baik atau kuat terhadap COVID-19 diperlukan. Nah, bagaimana Anda menghadapi tekanan ini?

1. Bicaralah dengan orang yang Anda percayai

Tentu saja, jika Anda merasakan tekanan, kesedihan, kebingungan, ketakutan atau kemarahan ketika epidemi global ini terjadi. Berbicara dengan orang yang Anda percaya dapat membantu menghilangkan stres yang mereka hadapi. Anda dapat menelepon teman dan keluarga menggunakan smartphone untuk menjaga jarak fisik. Itu juga dapat mempromosikan kehidupan mental yang sehat di rumah.

2. Temukan informasi yang tepat

Untuk langkah pertama, Anda bisa memberi diri Anda pengetahuan yang cukup tentang COVID-19. Stres, yang biasanya terjadi karena Anda tidak tahu apa itu COVID-19 dan takut mendapatkannya. Jadi, lengkapi diri Anda dengan informasi COVID-19, cara penularannya dan cara mencegahnya dengan benar.

Cari informasi yang akan membantu Anda mengidentifikasi risiko secara akurat sehingga Anda dapat mengambil tindakan pencegahan yang sesuai. Temukan sumber tepercaya seperti situs resmi COVID-19, kantor kesehatan setempat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, atau WHO.

3. Aplikasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih & Sehat)

Anda dapat mengendalikan stres dengan mempelajari kesehatan Anda melalui swa-uji. Misalnya, dari hasil pemeriksaan independen yang diperoleh, bukan kontak dengan pasien COVID-19 dari negara mana pun, disarankan agar Anda membiasakan diri dengan mempertahankan gaya hidup bersih dan sehat. Sehat (PHBS) untuk meningkatkan daya tahan dan menjaga jarak yang memadai dari orang lain.

Jika Anda perlu tinggal di rumah, berhati-hatilah dan terapkan PHBS seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga, istirahat yang cukup, dan mengelola stres. Selain itu, Anda dapat menjaga hubungan sosial dengan orang yang Anda cintai di rumah dan melalui komunikasi elektronik dengan keluarga dan teman luar.

4. Hindari rokok, alkohol dan obat-obatan

Jangan merokok atau minum alkohol dan obat-obatan lain untuk mengatur perasaan Anda. Jika Anda benar-benar merasa tidak bisa, hubungi dokter atau penasihat Anda. Anda dapat mengembangkan rencana, yang akan dirujuk ke agen dan bagaimana mencari bantuan dalam kesehatan fisik dan mental, jika perlu.

5. Batasi mendengarkan berita yang tidak menyenangkan

Anda dan keluarga Anda dapat mengurangi rasa takut dan cemas dengan membatasi melihat dan mendengarkan laporan media yang buruk. Mulai menyaring bacaan dan penawaran yang dapat membantu mengurangi stres.

6. Melakukan kegiatan positif

Anda dapat melakukan banyak kegiatan positif seperti olahraga, memasak, dan kegiatan lainnya

Untuk mengatasi stres, Anda dapat menggunakan metode yang membantu Anda mengatasi kesulitan sebelumnya. Gunakan teknik-teknik ini untuk mengelola emosi Anda ketika menghadapi situasi sulit selama pandemi global.

Saya harap hal di atas membantu Anda mengatasi stres selama masa pandemi !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *